10 Maret 2009

Amplifier Tube & Transistor

AMPLI TUBE ( TABUNG )

Ampli jenis ini sebenarnya dulu diciptakan untuk pemakaian Home Audio Power& preamp. karena dengan sistem tabung sound sangat khas , lebar dan ber isi .. maka di coba & di pakailah untuk pemakaian ampli gitar & bass !
pelopor untuk jenis ampli tube guitar & bass dunia adalah : Fender , Gibson , Musicman dan Marshall

kelebihan ampli jenis Tube ini dapat menghasilkan sound yg Warm , Big Punch !
dan sangat bebeda dengan jenis TRansistor yang masih ada terdengar sound kurang begitu Berat dan Big Power !!

Ada Perbedaan tenaga Transistor & Tabung , ampli tabung menggunakan High Voltage 250 volt untuk preamp & bisa sampai 1000 volt untuk power !! voltase tinggi karena untuk mengidupkan Tube atau lampu pijar yg hanya bisa dihidupkan dengan Voltase tinggi . Maka jangan sekali-kali kita memegang aliran arus DC tube .. jika kita tidak ingin membahayakan diri kita !!

Yang dikatakan betul-betul ampli Tube .. adalah bila kedua bagian ampli nya menggunakan Tube atau tabung . Pream nya & Power nya ! ampli tube in dapat maksimal sound nya dengan sistem pemanasan bertahap . mengingat Tabung adalah lampu pijar maka saat panas tabung nya .. sound akan keluar dengan Maksimal ( Full Tube ) . maka di tabung selalu ada Power & standby .. power untuk menghidupkan seluruh ampli dan Stanby untuk meng istirahatkan pemakaian ampli tetapi tidak termasuk mematikan Tabung yg sedang menyala .. artinya sound tidak berfungsi tetapi tabung di biarkan menyala panas agar sound tetap stabil ! tinggal hidupkan lagi stanby maka ampli dapat kita gunakan lagi dengan sound yg masih tetap sama kualitasnya !

berbeda dengan Transistor . sistem output tabung menggunakan lagi Penguat daya Travo … yg dikatakan sebagai Tranformer Output !! jika dalam ampli Transistor ini tidak terjadi . mengapa karena dalam dunia output tabung akan ada terjadi Impedansi 1 Ohm sampai 3 ohm .. ini untuk menyesuaikan impedansi antara tabung dan speaker , dimana spekaer mempunyai impedansi 4 Ohm s/d 16 ohm !!

di luar keunggulan Produk ampli tabung , memang ada kelemahan nya .. Ampli tabung tidak bisa menyemburkan sound yang Modern ,tetapi selalu ada sound Vintage terbawa .. karena memang itulah ciri khas ampli Tube atau tabung . makanya saat ini banyak ampli tabung menggunakan sistem simulator sound .. agar sound bisa terdengar lebih modern ….

Ampli jenis ini perawatannya pun dibilang tidak mudah . Dalam jangka pemakaian 2000 jam kemungkinan Tube harus di ganti karena emisi tube yang berkurang .. dan berpengaruh besar terhadap suara ! harga tube nya pun tidak murah . dari kelas 60.000 hingga kelas 300.000 an per/ TUbe nya .. bisa dibayangkan jika di ampli tube terdapat lebih dari 5 Tube berapa biaya yg harus di keluarkan untuk membeli Tube nya saja.

jenis Tube untuk power & preamp Tube beragam type nya sesuai karakter suara yg akan keluar nantinya seperti jenis EL 36 ,12AX 7 , 6L6 , 12AT7 . dan sebagainya dengan perusahaan pembuat tube yg berbeda seperti Electro Harmonic , Glassovic , Softex dsb ..

keterbatasan jenis ampli ini tidak dapat menyemburkan Sound yng Full Modern. karena itu hanya akan di Dapatkan pada jenis preamp yg di perkuat Transistor bukan Tube !! makanya saat ini banyak perushaan pembuat ampli menerapkan sistem Transtube , yg artinya ada penggabungan dua komponen Tabung untuk Power & transistor untuk Preamp ……atau sebaliknya !!

Mengingat Harga sebuah ampli bass/gitar tabung cukup mahal maka hanya sebagian orang saja yg bisa memiliki nya .. ampli dengan jenis ini memang ada juga pada jenis untuk Ampli Bass , tetapi lebih populer untuk kebutuhan ampli gitar , karena seorang pemain gitar harus memainkan sound yg beraneka ragam dengan gempuran Drive yg tebal … saat ini banyak perusahaan ampli bass ber alih ke sistem tube ini seperti Phill Jhone , Glokkenlank , Ampeg dan merek ternama lainnya !!

Untuk komponen ampli tabung harus yg mempunyai kualitas kelas A , karena banyak resiko jika menggunakan komponen kelas ringan . seumpama PCB saja harus sangat tahan panas akibat rambatan panas Tabung kepada PCB yang cukup Panas ! kabel harus kelas tinggi , mengingat jangan sampai di aliri daya voltase tinggi kabel meleleh .

http://www.streetbass.org/forum/showthread.php?t=2433

Tidak ada komentar:

Posting Komentar